Sabtu, 16 April 2016

"NASEHAT KEPADA ORANG TUA"

Qana'ahlah engkau di dalam hidupmu atau keperluan hidupmu, meski itu terlihat sederhana?! Jagalah anak-anakmu jangan sampai akhirnya melancong (ke daerah yang tidak baik), ajarilah anak-anakmu itu untuk mau bisa hidup dengan sederhana dan seadanya.
Janganlah karena urusan dunia pergi ke Bali, hanya karena urusan dunia pergi ke Australia, misalnya. Lalu bagaimana nanti tarbiyahnya,Al Qur'annya,shalatnya, mengajinya, jangan-jangan pulang nanti justru membawa akhlak yang lain? Membawa pemahaman yang lain?! Wal-iyadzu Billah!!
Kemudian, janganlah pula engkau memanggil anak-anakmu itu dengan panggilan yang tidak bagus, memanggil anakmu dengan panggilan-panggilan yang tidak wajar, tidak layak.
Oleh karena itu, hiduplah engkau (wahai orang tua) dengan hidup yang sederhana, mau menerima rizqi yang sederhana, kerja di daerahmu sendiri yang seperlunya. Janganlah sampai engkau menggambarkan kondisimu lalu engkau bilang kepada anakmu, "Ayo nak, rumahnya segini terus kapan kita ini punya mobil?"
Akhirnya engkau menyuruh ia pergi (bekerja ke daerah lain), namun pulang-pulang anakmu sudah membawa akhidah yang lain?! Ibadahnya kacau semua?!
Walhasil, semua itu akan berimbas kepada dirimu sendiri. Pertama, anakmu bisa durhaka kepada dirimu. Kedua, mungkin karena engkau sering memanggil anakmu dengan panggilan yang tidak benar, maka anakmu menjadi sebagaimana yang engkau ucapkan, dan semua itu yang rugi adalah dirimu sendiri.
Wallahu A'lam....Semoga kita dijadikan sebagai orang tua yang selalu menjaga Amanah Allah swt ,,,,Allahuma aaamiin,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar